animasi  bergerak gif
DANCING DUCK

Kamis, 06 Maret 2014

Contoh RPP IPS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

      NAMA SEKOLAH              :     SMK NU 01 PENAWAJA
      MATA DIKLAT                   :     IPS
      MATERI                             :     STRUKTUR SOSIAL
      KELAS / SEMESTER          :     XII / GANJIL
      ALOKASI WAKTU             :     2 X 45 MENIT
     PERTEMUAN KE                :    1 DAN 2

1.      Standar Kompetensi         :     Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas social
                       
2.      Kompetensi Dasar             :     Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam
                                                                  fenomena kehidupan

3.      Indikator                           :     -    Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian dan
                                                      ciri-cirinya
                                                              -    Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan
                                                                  bentuk-bentuknya

4.      Tujuan Pembelajaran         :     1.   Siswa dapat menggali informasi tentang struktur
       sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
                                                            2.   Siswa dapat menjelaskan tentang struktur sosial
     menurut fungsi dan bentuknya melalui diskusi

5.      Materi Pembelajaran
Ø  Struktur Sosial dalam pengertian
Ø  Fungsi dari struktur sosial
Ø  Ciri – ciri dari struktur sosial
Bentuk – bentuk dari struktur sosial
        
6.      Model dan Metode Pembelajaran
-          Ceramah bervariasi
-          Tanya jawab
-          Diskusi kelompok

7.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø  Kegiatan Awal (10 menit)
-          Mengecek kehadiran siswa
-          Mengecek kesiapan siswa, media dan ruang kelas atau lingkungan kelas
-          Apersepsi
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø  Kegiatan Inti (70 menit)
-          Menjelaskan materi atau menyampaikan materi
         Struktur sosial adalah cara suatu masyarakat terorganisasi dalam hubungan-hubungan yang dapat diprediksikan melalui pola perilaku berulang-ulang antar individu dan antar kelompok dalam masyarakat tersebut.

         Ciri-ciri struktur sosial sebagai berikut :
1.      Struktur sosial mengacu pada hubungan-hubungan yang pokok yang dapat memberikan bentuk dasar pada masyarakat dan memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang memungkinkan besar dilakukan secara organisatoris.
2.      Struktur sosial mencakup semua hubungan antara individu-individu pada saat tertentu
3.      Struktur sosial merupakan budaya seluruh masyarakat
4.      Struktur sosial merupakan realitas sosial yang bersifat statis sehingga dapat dilihat kerangka tatanan dari berbagai bagian tubuh yang membentuk struktur
5.      Struktur sosial merupakan tahapan perubahan dan perkembangan masyarakat yang mengandung dua pengertian

Fungsi struktur sosial adalah :
1.      Merupakan instrument masyarakat untuk menyelenggarakan tata kehidupan secara menyeluruh dalam segala aspek kehidupan
2.      Sebagai rantai system dalam penyelenggaraan setiap aspek kehidupan sehingga menjadi teratur dan dinamis
3.      Merupakan karakteristik yang khas dan dimiliki suatu masyarakat sehingga dapat memberikan warna yang berbeda dari masyrakat lainnya

Bentuk-bentuk struktur sosial adalah :
1.      Struktur sosial secara vertikal menghasilkan stratifikasi sosial yaitu : gejala umum pada masyarakat baik masyarakat tradisional maupun masyarakat modern, berdasarkan kedudukan yang diperoleh melalui serangkaian usaha atau perjuangan berdasarkan kepiawaian seseorang dalam melangsungkan interaksinya dalam masyarakat.
2.      Struktur sosial secara horizontal menghasilkan Diferensial sosial Proses penempatan orang-orang dalam berbagai kategori sosial berdasarkan pada perbedaan-perbedaan yang diciptakan secara sosial.

-          Memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang kurang dimengerti atau dipahami
-          Memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana siswa mengerti tentang materi yang telah disampaikan oleh guru

Ø  Kegiatan Akhir (10 menit)
Refleksi
-          Guru memberikan tugas untuk mengamati struktur social yang ada dalam lingkungan masyarakat disekitarnya sebagai bahan untuk diskusi kelompok pada pertemuan selanjutnya

VIII.            Sumber Belajar dan Media
A.      Sumber Belajar
-          Buku-buku sosiologi
-          Buku-buku antropologi
-          Buku-buku pegangan sosiologi dan antropologi SLTA
-          Sumber-sumber lain yang relevan
B.      Media
-          Koran
-          Gambar
-          Lingkungan sekitar


IX.            Penilaian
A.      Tes Tertulis
a.      Sebutkan pengertian struktur sosial!
b.      Sebutkan 5 ciri-ciri struktur sosial !
c.       Jelaskan pengertian Stratifikasi sosial?
d.      Sebutkan 4 faktor pembentuk stratifikasi sosial!
e.      Jelaskan pengertian dari diferensial sosial?


B.      Rubrik Penilaian dan Kunci Jawaban

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur social dalam fenomena kehidupan
No.
Soal
Kunci Jawaban
Skor
Total skor
1.
Cara suatu masyarakat terorganisasi dalam hubungan-hubungan yang dapat diprediksikan melalui pola perilaku yang berulang-ulang antar individu dan antar kelompok dalam masyarakat tersebut


20


20
2.
a. Struktur social mengacu pada hubungan-hubungan yang pokok yang dapat membentukan bentuk dasar pada masyarakat dan memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang memungkinkan besar dilakukan secara organisatoris
b. Struktur social mencakup semua hubungan antara individu-individu pada saat tertentu
c. Struktur social merupakan budaya seluruh masyarakat
d.  Struktur social merupakan realitas social yang bersifat statis sehingga dapat dilihat kerangka tatanan dari berbagai bagian tubuh yang membentuk struktur
e.  Struktur social merupakan tahapan perubahan dan perkembangan masyarakat yang mengandung dua pengertian
5





5

5

5

5






25
3.
Gejala umum pada masyarakat baik masyarakat tradisional maupun masyarakat modern, berdasarkan kedudukan yang diperoleh melalui serangkaian usaha atau perjuangan berdasarkan kepiawaian seseorang dalam melangsungkan interaksinya dalam masyarakat
20
20
4.
a.  Kekuasaan
b.  Kekayaan
c.  Keturunan
d. Pendidikan


15


15
5.
Proses penempatan orang-orang dalam berbagai kategori social berdasarkan perbedaan-perbedaan yang diciptakan secara sosial

20

20

Jumlah
100
100
                                                                                               

                                                                                                Adiwerna,     Juli 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                       Guru Mata Pelajaran



H. M. Hadi Miftah, S.Ag                                                        Guntur Arif D, S.Ag           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar