animasi  bergerak gif
DANCING DUCK

Jumat, 07 Maret 2014

Contoh Makalah Pramuka







KATA PENGANTAR



Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tugas Dasar-dasar Komposisi untuk memenuhi tugas dari dosen pengampu.
Mengingat terbatasnya kemampuan penulis dalam penyusunan makalah ini, penulis sadar bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Maka penulis mengharapkan pembaca meberi kritik dan saran. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.


Tegal, 8 Sepetember 2013







































DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ........................................................................................................          i
DAFTAR ISI ..................................................................................................................           ii
1. PENDAHULUAN
    1.1.  Latar Belakang ................................................................................................           1
    1.2.  Rumusan Masalah ...........................................................................................          1
    1.3.  Tujuan Penulisan .............................................................................................           1
2. PEMBAHASAN
    2.1.  Sejarah singkat kepramukaan...........................................................................         2
    2.2.  Lambang kepramukaan  …………………………………………………………………………………..     2
    2.3.  Macam macam tali temali ...............................................................................         3
    2.4. Tugas pokok kepramukaan
3. PENUTUP 
    3.1.  Kesimpulan .....................................................................................................           4
    3.2.  Saran ..............................................................................................................            4
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................................                      5





































BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Rakyat Muda yang Suka Berkarya.
“Pramuka” merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka SiagaPramuka PenggalangPramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina PramukaAndalan PramukaKorps Pelatih PramukaPamong Saka PramukaStaf Kwartir dan Majelis Pembimbing Pramuka.
Sedangkan yang dimaksud ”Kepramukaan” adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

1.2.  Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka rumusan masalah yang dapat penulis
         rumuskan adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana sejarah pramuka ?
2. Bagaimana lambang Pramuka ?
3. Apa saja simpul tali-temali ?
4. Apa saja tugas pokok pramuka ?

1.3.  Tujuan Penulisan.
         Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.Untuk mengetahui sejarah pramuka.
2.Untuk mengetahui bagaimana lambang pramuka.
3.Untuk mengetahui apa saja simpul tali-temali.
4.Untuk mengetahui tugas pokok pramuka.















BAB II
PEMBAHASAN


2.1.  Sejarah Singkat Gerakan Pramuka
Pendidikan Kepramukaan di Indonesia merupakan salah satu segi pendidikan nasional yang penting, yang merupakan bagian dari sejarah perjuangan bangsaIndonesia. Untuk itu perlu diketahui sejarah perkembangan Kepramukaan di IndonesiaGagasan Boden Powell yang cemerlang dan menarik itu akhirnya menyebar ke berbagai negara termasuk Netherland atau Belanda dengan nama Padvinder. Oleh orang Belanda gagasan itu dibawa keIndonesiadan didirikan organisasi oleh orang Belanda di Indonesia dengan nama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda). Oleh pemimpin-pemimpin gerakan nasional dibentuk organisasi kepanduan yang bertujuan membentuk manusiaIndonesiayang baik dan menjadi kader pergerakan nasional. Sehingga muncul bermacam-macam organisasi kepanduan antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon).
Dengan adanya larangan pemerintah Hindia Belanda menggunakan istilah Padvindery maka K.H. Agus Salim menggunakan nama Pandu atau Kepanduan.Dengan meningkatnya kesadaran nasional setelah Sumpah Pemuda, maka pada tahun 1930 organisasi kepanduan seperti IPO, PK (Pandu Kesultanan), PPS (Pandu Pemuda Sumatra) bergabung menjadi KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Kemudian tahun 1931 terbentuklah PAPI (Persatuan Antar PanduIndonesia) yang berubah menjadi BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan KepanduanIndonesia) pada tahun 1938.Pada waktu pendudukan Jepang Kepanduan di Indonesia dilarang sehingga tokoh Pandu banyak yang masuk Keibondan, Seinendan dan PETA.Setelah tokoh proklamasi kemerdekaan dibentuklah Pandu Rakyat Indonesia pada tanggal 28 Desember 1945 di Sala sebagai satu-satunya organisasi kepanduan.Sekitar tahun 1961 kepanduan Indonesia terpecah menjadi 100 organisasi kepanduan yang terhimpun dalam 3 federasi organisasi yaitu IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia) berdiri 13 September 1951, POPPINDO (Persatuan Pandu Puteri Indonesia) tahun 1954 dan PKPI (Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia)Menyadari kelemahan yang ada maka ketiga federasi melebur menjadi satu dengan nama PERKINDO (Persatuan KepanduanIndonesia).
Karena masih adanya rasa golongan yang tinggi membuat Perkindo masih lemah. Kelemahan gerakan kepanduanIndonesiaakan dipergunakan oleh pihak komunis agar menjadi gerakan Pioner Muda seperti yang terdapat di negara komunis. Akan tetapi kekuatan Pancasila dalam Perkindo menentangnya dan dengan bantuan perdana Menteri Ir. Juanda maka perjuangan menghasilkan Keppres No. 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka yang pada tanggal 20 Mei 1961 ditandatangani oleh Pjs Presiden RI Ir Juanda karena Presiden Soekarno sedang berkunjung ke Jepang. Di dalam Keppres ini gerakan pramuka oleh pemerintah ditetapkan sebagai satu-satunya badan di wilayahIndonesiayang diperkenankan menyelenggarakan pendidikan kepramukaan, sehingga organisasi lain yang menyerupai dan sama sifatnya dengan gerakan pramuka dilarang keberadaannya.


2.2.  Lambang Gerakan Pramuka
Lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan cita-cita setiap anggota Gerakan Pramuka.Lambang tersebut diciptakan oleh Bapak Soehardjo Admodipura, seorang pembina Pramuka yang aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian dan kemudian digunakan sejak 16 Agustus 1961. Lambang ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972.
Bentuk dan Arti Kiasan
Bentuk lambang gerakan pramuka itu adalah Silhouette tunas kelapa. Arti kiasan lambang gerakan pramuka :
1. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsaIndonesia.
2. Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsaIndonesia.
3. Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam mesy dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.
4.  Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi diIndonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
5. Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
6. Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara RepublikIndonesiaserta kepada umat manusia.

2.3. Materi Tali Temali

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYGtjneVq6UjshSNHvwJV0WOMWMaqVAqR-E4HJuUq8H4uOIPAA7e373ZktYQZynj25lkJaQrha0uZ9ZYGiWDtZC3Y1y_PUBB3xn-yz36RomiAMFNq_f5xv8-EUeFneG3NVLuS88YkKzlo/s1600/Untitled-2.jpg.


SIMPUL DAN  IKATAN (TALI- TEMALI)
Dalam tali temali, kita sering mencampur adukan antar tali, simpul dan ikatan. Hal ini sebenarnya berbeda sekali.
Berikut perbedaannya :
· TALI                 = bendanya
· SIMPUL           = antara tali dengan tali
· IKATAN           = tali dengan benda lain (umpamanya dengan kayu dan sebagainya)

Pemeliharaan Tali
Pada jaman sekarang memang banyak tali tahan lapuk, umpamanya; tali plastic. Akan tetapi tidak jarang pula, kita akan menemukan tali yang mudah sekali lapuk. Untuk hal ini, kita perlu merawatnya dengan teliti.
Di bawah ini, kami berikan beberapa jalan untuk memelihara/pemeliharaan tersebut :
a.      Simpanlah tali pda tempat yang tidak lembab, agar tidak lapuk
b.      Letakkan pada tempat tertentu, sehingga pada saat diperlukan kita mudah mengambilnya.
c.       Apabila tali tersebut basah, sebaiknya cepat di keringkan di panas matahari.
d.      Usahakan gulungan tali mudah di lepas.

BEBERAPA BENTUK SIMPUL

SIMPUL TIANG BERGANDA
Fungsi : untuk mengikat orang(korban) dari bawah ke atas atau sebaliknya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEju1rWAnynWyxe8NKc58Fnp_QIemRTeV2tEDpiv7fxpjlVuTDnmtpBoz7XZrOTNXYVeoQxlg5ud47fhk4m9lxc86bfUze4wB3d2nz8t4tOh-5OVmz6JB0XRzRLcuS0bAKWkDNwPLeoPKOU/s1600/1.jpg

        SIMPUL KURSI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhONm_JzjZEzxkZS1kyWhFwHcBXGrJ1S18-eiHcUSsBpuDcU28MGMyo6A0hKzM73dIZBqe25-rQvNDwOhPx2CDsUWryTbeMnJYT6QVCdRLf-B3U9ok-NCEjgNOBrBz8cdHKg-ldkcOa5Yg/s1600/2.jpgFungsi : sebagau pengangkat/menurunkan benda atau orang pingsan.

SIMPUL  KEMBAR
Fungsi : untuk menyambung 2(dua) buah tali yang sama besar dalam keadaan licin(basah)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiI_AmelhTRYczit78EC-IsAsQtOph8mE8qiMhSfumybjOEUWtnndMvLuxvqTQL3zT3BMs8sb9PnQ1UCPSH5oTx9kPKOEyvGIXDdpUrTM4V9j4TNDLeC8Bpm_XIsGzhEZPIpkPJNvVBaRU/s1600/3.jpg


SIMPUL TIANG
Fungsi : untuk mengikat sesuatu sehingga yang diikat masih dapat begerak leluasa; misalnya mengikat leher binatang supaya tidak tercekik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjo0XTurjnHBsTNCNuVc6mcygkX_NlsvK9ShhsNiQvmctCuNlIBNkQd4ETFgTMKEHfmfgdqaxlrPja5OZ929grnI12uEX6n8EHTZxSp6aqkUBcq5Kx30riR89eDKcRL948RVkv1VMS4rU/s1600/4.jpg

SIMPUL ERAT
Fungsi : untuk memendakkan tali tanpa memotongnya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_LXviz9l_2akbDwpiwkVDLsg7xvsCpsn5LB3QM_etneiHkLJo79Tv5sgQLjfbTqsV-Oz0aLQ7lpEaVAohDYrQV8g7X20qkSIE5LXm0Qv8QckrE37hdkPOBktIiUUaAY5L3di_ZzUP-3E/s1600/5.jpg
SIMPUL UJUNG TALI
Fungsi : agar pintalan pada ujung tali tidak mudah terlepas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHXd5dbPckIWYfK0j7x0_XlE1gMywFpfCR4e2rrvX4ccBcaFzmd9V9wW2MKttGW_1l0X81EYPNYzQiv74PpXnTTqnJv8fRjwdcDcK1_x5-OCcR9nbg87tToMWw2N-SmqX8YCJXKoFFCzk/s1600/6.jpg

SIMPUL TANGAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGi7Q8cFT2fC3QpLtAQmZN_eD-uwAocwBPAKV86WIBdYND6fep546JFBqyhpfbucwyWOn3S4AzSJfbvGs2LzByoX_AlngpmFNcQTAn3RPdNxiAm6rmiWAyQPQpa948-oFPizwBRXkstsM/s1600/7.jpg

SIMPUL ANYAM
Fungsi : untuk menyambung 2(dua) buah tali yang tidak sama besar dalam keadaan kering(tidak basah)
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvOD3tpv4gGOLerZq8HxAl9PFSlbvjzpVKSOm6DUbiX8UdmhLzm3PC8zHpausPQ0o1Wna9xz0Na-1nGWglhd0hICr71Azg8LPgk_L98dRqqdWm4pddui3WdJjabVeb2oU_Y2GXb-cREdg/s1600/8.jpg

ANYAMAN MATA
Fungsi : untuk menyambung 2(dua) utas tali yang sama besarnya
   https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHcJgftikNRNFXSF9hrwx370IDbFRlEneOgf8LrMzl_JjWzaKFtH-r5yTl-R7fYJKRiifUatQ36SMfB2CgoLrquL-XYD_2qN16l4qyo1DhlvtPP6-6S5NVQWUa2TWKaLVUFJUjBkzuMF8/s1600/9.jpg
SIMPUL HIDUP

                                                                https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAEmxiNcI7WmeLZdSF2oC5vaIEF3WXHCKtUldyQpuPrMDyeAZkXO1WNDkw6mBx0wOHT2uxTJc_7kkCFXu5LbgROI8bycviKjhQtzWRkmEngSsS2Jy5ek2j5d5t4G3Ll_vXxSV7Pc1bIf8/s1600/10.jpg
                                                                         FIGUR ANGKA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZhuwU1gZ_Hj5fsUnXbH3Z5BFVNPSTyrop6Z4xVUjfmh4sXkxaXKWIZLt3h4rrWSsT6Z9M1y6pSRLXDL0bB77MTJ1vr9KwGKXZcNKaGHEWNd1-35qdmaSTFVVqyhK4cuxxMtPN-V5AfEo/s1600/11.jpg





  
                              
SIMPUL LASSO
                                                                 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLDlwQEdkdEkD8OamfA5EQG0ru83K1hVPWG0rouuDD4vmxBd75FBoW4GVVAh9KzNzP67JvhaYO9OUBdypv8A6Pfto9aAOvLtGjp_lX46LRimjlHg-2w8dKqKNOOJ_WEttg-r1PtTgzEEs/s1600/12.jpg


SIMPUL ANYAM BERGANDA
Fungsi : untuk menyambung 2(dua) buah tali yang tidak sama besar dalam keadaan licin(basah)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfPwpZYepwHwfPVDDsi5tfKWboRsYmKGy80VrbXkwlILwp405XCVtyyYhHakhoGUYkAMWTDNLXhUuN7hUIldrmQCOj8wOJzRwoG92Pid4O2necwATDyElra1n_4UOjjob0WJTqE_u4bGk/s1600/13.jpg        
SIMPUL TAMBAT
Fungsi : untuk menambatkan tali pada sesuatu tiang/kayu dengan erat, akan tetapi mudah untuk melepaskannya kembali.
   https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXPFNsDb5ZzvcAsBCkHvJsp224kdkWxJKtzpYVq6LpF5CZJwtxNYg7ebOfG7otmrf6ac2zXJFFxubKk4TdD8bllMFqZAN5JpuWGpvJ4du291apwM14qXJDpkDUHVJfvFxUlaZkIsAu0a4/s1600/14.jpg

    SIMPUL PRUSIK
   https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeS3YAiLv5-r1C-yM08fNcGy1FX3pz5RllEvNgJbhyphenhyphenmwWLmSzxYiFbrvKYYr2LYCftCVHCtxh24-E6kIoISeXo3tVaTlCdGGhAVIjdjTXMi-E8R8RAAMSfeK-NEyRkCKsfc_wUhoNCdZo/s1600/15.jpg
SIMPUL PENARIK
Fungsi : untuk menarik sesuatu benda yang cukup besar
   https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIXSgx3q5SpKY-_QZyoljsx8TVqkEw5-xti6YCYkqVBKiRGE3b6I14xRx0pHOUWjkSz-CF_pnarQ7fLzN1tDgU4FATTj2diwuETxIXnAb3waG85JzRjFVK4NRMAFQw_an4aJKbKZWufdo/s1600/16.jpg

SIMPUL MATI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTIzUi25YOoGGz9uEhkvegIcs9VG0Y0SAMMfDvp8AEHKvkZbuxwB7lOuzxiu3dJMo3IrTRtKhkvQU8lSxYFaWVYsbWD8TPWI6G69O9_R7lWXkXKzCSQNEzbRNwHeLb1oOW8GVB9LuSdec/s1600/17.jpg



SIMPUL PANGKAL
Fungsi : untuk mengikatkan tali pada kayu atau tiang, akan tetapi simpul pangkal ini dapat juga untuk memulai suatu ikatan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9tmx4hf6saAkfhp71_mWMSRNpZtyGEK2c_gaxC8czV8yjowYqHU4VYEqWFgrL8mDa8oTewLQaRJNdyZhKQomm5bwPeMdYxH02lzuDAP4yQASoXp444mSsiifmYNQACYhSGuooiWQN42s/s1600/18.jpg



2.4. Tugas Pokok Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan bagi kaum muda melalui Kepramukaan di lingkungan luar sekolah, yang melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga dan masyarakat.Adapun tujuannya :
1). Membentuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang berimandan bertaqwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2).  Membentuk sikap dan perilaku yang positif, menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki kecerdasan emosional sehingga dapat menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri,sanggup dan mampu membangun dirinya sendirinya serta bersama-samabertanggungjawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.
3). Dalam melaksanakan pendidikan Kepramukaan, Gerakan Pramuka selalu memperhatikan.Keadaan, kemampuan, kebutuhan dan minat peserta didiknya..Keadaan, kemampuan, adat istiadat dan harapan masyarakat termasuk orang tua.
4). Dalam pelaksanaan kegiatannya, Gerakan Pramuka menggunakan PDK dan MK, Sistem Among dan berbagai metode penyajian lainnya. Para Pramuka mendapat Pembinaan dalam Satuan gerak sesuai dengan usia dan bidang kegiatannya, dengan mengikuti ketentuan SKU, SKK, TKU, TKK dan , SPG – TPG

















BAB III
PENUTUP


3.1. Simpulan

Pendidikan Kepramukaan di Indonesia merupakan salah satu segi pendidikan nasional yang penting, yang merupakan bagian dari sejarah perjuangan bangsaIndonesia. Untuk itu perlu diketahui sejarah perkembangan Kepramukaan di Indonesia.
Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penggalang Terap, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 14-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada subbidang ilmu tertentu. Setiap Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus untuk memperoleh Tanda Kecakapan KhususKelompok Kesatuan Karyaan yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di Saka tersebut.
Satuan Karya Pramuka juga memiliki kegiatan khusus yang disebut Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka disingkat Pertisaka yang dilaksanakan oleh tiap-tiap saka, sedangkan kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama lebih dari satu saka yang disebut Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka disingkat Peransaka. Kegiatan Peransaka antara lain melakukan transfer bidang keilmuan masing-masing Satuan Karya.
Pada dasarnya Satuan Karya hanya diatur di tingkat nasional oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, namun ternyata ada Satuan Karya yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Daerah yang bersangkutan.

3.1.  Saran
Saran yang dapat diambil dari pembahasan ini adalah :
       1. Selalu mengamalkan kepramukaan dikeluarga, sekolah, dan masyarakat mengingat   
            pentingnya Pramuka demi menbangun karakter bangsa.
       2. Seharusnya untuk Pemerintah lebih memperhatikan lagi dan mensuport adanya pramuka.
       3. Pengajar atau guru harus giat memperluas pengetahuan tentang Pramuka serta 
           meciptakan suasana yang tidak membosankan dalam proses mengajar.

















Daftar Pustaka




·         Alwasilah, A. Chaedar. 2008. Filsafat Pramuka. Bandung; Rosdakarya.
·         Sumber: Buku Kepramukaan di SMK | Agupena Jawa Tengah
·         http://agupenajateng.net/2009/02/20/problem-pengajaran sastra-dismk/#ixzz1iH6WN3dn
·         Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

7 komentar:

  1. izin kopas buat tugas ya ... makasih sukses selalu

    BalasHapus
  2. kalau suruh buat makalah yang banyak kertasnya gimana ya?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Izin copas yaa..
    Makasih infonya

    BalasHapus
  5. Jaka Victoria
    jakavictoria@student.ppns.ac.id
    Jangan lupa kunjungi ppns.ac.id dan jakjak27.wordpress.com
    Postingannya sangat bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus
  6. casino - drmcd
    u v u u v u 경산 출장샵 u u u u u u u u u 포천 출장샵 u 화성 출장마사지 u u u u u u u 광양 출장샵 u u 부천 출장안마 u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u.

    BalasHapus